7 Wisata Alam Kalimantan Timur yang Belum Terekspos

7 Wisata Alam Kalimantan Timur yang Belum Terekspos

Pulau Derawan bukan satu-satunya wisata alam di Kalimantan Timur. Ada banyak danau biru jernih, perbukitan dengan pemandangan yang indah, dan lain-lain. Salah besar jika ada yang beranggapan bahwa destinasi wisata di Kalimantan Timur hanya seputar Pulau Derawan dan Pulau Kakaban.

Pulau yang pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Besar Indonesia seperti Kerajaan Kutai (Hindu), Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, dan Kesultanan Pasir ini sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang lebat.

Kalimantan Timur yang terkenal dengan anggrek hitamnya yang tiada duanya, tidak hanya kaya akan keanekaragaman flora, tetapi juga keindahan wisata alamnya. Ini dia wisata alam Kalimantan Timur yang wajib dikunjungi selain Kepulauan Derawan dan Kakaban.

1. Gua Haji Mangku

Pada kondisi sebenarnya, wisata alam Haji Mangku Kalimantan Timur lebih berupa danau daripada gua. Mungkin, disebut sebagai gua karena pintu masuk ke danau air payau biru jernih ini harus melewati mulut gua terlebih dahulu.

Pemandangan yang indah dan seram akan menjadi pemandangan penyambutan ketika melewati pintu gua yang berair. Danau kebiruan ini memiliki ruang yang sempit. Jika Anda melihat lebih dalam ke danau, itu akan terlihat seperti jurang yang dalam.

2. Gua Losan

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Losan berarti gua yang bisa ditembus dari satu tempat ke tempat lain. Gua Losan ini terletak di perbatasan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, tepatnya di Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser.

Saat Anda mulai melangkah masuk ke dalam mulut goa, pemandangan stalaktit dan stalagmit yang mencuat dari atap dan dinding goa akan menyambut para pengunjung.

Tidak hanya pemandangan stalaktit dan stalagmit, Gua Losan juga memiliki keunikan alam lainnya yaitu Batu Bernada. Ketika batu ini dipukul, nada-nada berirama dapat terdengar seperti alat musik.

Anda dapat memasuki Gua Losan sendiri, Anda harus ditemani oleh penjaga gua atau pemandu yang bisa mengantar Anda untuk menikmati keindahan gua ini.

Setiap pengunjung harus membawa peralatan penerangan sendiri. Tiket masuk Gua Losan ini adalah Rp5.000.

3. Batu Dinding

Namanya Batu Dinding. Wisata alam Kalimantan Timur ini akhir-akhir ini ramai menjadi bahan perbincangan di media sosial. Terutama oleh mereka yang berdomisili di Kalimantan Timur dan sekitarnya.

Wisata alam Batu Dinding ini pelan-pelan mencuat dan menarik perhatian semua orang karena pesona keindahannya yang mirip dengan Tembok Besar China. Wisata alam Batu Dining ini berupa dinding batu yang sempit dengan lebar kurang dari 1 meter.

Puncak bukit Batu Dinding juga sempit, lebarnya hanya sekitar 5 meter. Jika dilihat dari kejauhan, bukit Batu Dinding berbentuk seperti punggungan sepanjang 500 meter. Di sekitar bukit, ada hutan lebat.

Di sisi kiri bukit, ada jurang yang dalam. Hanya langkah yang salah akan menyebabkan hidup Anda. Tak perlu khawatir, karena ada 30-50 pemandu lokal yang ditugaskan untuk mengatur dan mengawasi pengunjung agar tidak berdesak-desakan saat memasuki area puncak yang sempit.

Rekomendasi kami adalah, kunjungi tempat ini saat musim kemarau. Sunset dan sunrise menjadi momen terbaik untuk menikmati keindahan alam hutan Kalimantan dari ketinggian Batu Dinding. Batu Dinding terletak di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Jika keberangkatan Anda dimulai dari Balikpapan, ambil jalan Soekarno Hatta menuju kilometer 45. Di sana Anda dapat menemukan arah menuju wisata alam Batu Dinding Kalimantan Timur.

4. Taman Batu Sembinai

Pernah ke Stone Garden di Jawa Barat? Nah, Taman Batu Sembinai memiliki pemandangan yang mirip dengan Taman Batu Padalarang. Di antara hamparan hutan hijau yang luas dan lebat, tumbuh bebatuan kelabu yang tidak beraturan.

Sangat cantik! Namun, untuk bisa menikmati keindahan alam hutan batu kalimantan ini, pengunjung harus menempuh jalan yang tidak mudah. Anda harus melewati jalan yang berkelok-kelok, trekking yang melelahkan, namun akan terbayar dengan keindahan yang tiada tara.

Untuk bisa mencapai puncak bukit, dibutuhkan waktu kurang dari satu jam perjalanan. Jangan lupa siapkan beberapa perbekalan seperti air minum, snack, obat-obatan (bila diperlukan), anyaman (untuk mencapai puncak berbatu tertinggi), dan tentunya pemandu lokal agar tidak tersesat.

Jika perjalanan dimulai dari Balikpapan, lanjutkan perjalanan menuju Tana Paser, Kabupaten Paser. Dari Tana Paser, lanjutkan perjalanan menuju Batu Kajang menuju Masjid Jami As-Salam. Dari sana, ikuti rambu jalan menuju wisata alam Batu Sembinai.

5. Bukit Bangkirai

Taman wisata alam seluas 1.500 ha ini menyuguhkan panorama yang mungkin belum pernah ada di Pulau Jawa. Di Bukit Bangkirai, pepohonan yang tumbuh setinggi 40-50 meter bisa menjadi panorama yang tidak biasa.

Tak hanya tinggi, pohon-pohon tersebut juga memiliki diameter lebar sekitar 2,3 meter. Yang lebih unik lagi, pohon-pohon di Bukit Bangkirai ini berusia 150 tahun. Tidak hanya wisata edukasi di tengah pepohonan tropis.

Bukit Bangkirai juga menawarkan wisata pemacu adrenalin dengan melintasi Canopy Bridge. Jembatan pertama di Indonesia ini digantung di pohon Bangkirai setinggi 30-40 meter yang disambungkan dengan lima pohon. Tantangan melintasi jembatan sepanjang 64 meter ini lebih terasa saat angin kencang.

Jembatan yang berayun mengikuti arah angin akan membuat jantungmu berdegup kencang. Bukit Bangkirai terletak di Semboja, Kutai Kartanegara, tepatnya di km 38 jalan Soekarno Hatta. Untuk mencapai lokasi ini diperlukan 1,5 perjalanan dari Balikpapan. Wisata alam Kalimantan Timur ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

6. Tulung Ni’Lenggo

Tulung Ni’Lenggo adalah sebuah danau jernih berwarna kebiruan yang terletak di Desa Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau. Sepanjang tahun ini, destinasi wisata Ni’Lenggo ramai dikunjungi warga sekitar. Air danau yang jernih bisa menjadi tempat yang sempurna untuk relaksasi diri.

Di Tulung Ni’Lenggo, wisatawan bisa mengelilingi danau ini dengan menggunakan perahu yang disediakan atau sekedar berenang menikmati kesegaran air danau. Suasana keindahan alam dan ketenangan suasana pedesaan membuat objek wisata alam Kalimantan Timur ini ramai dikunjungi saat liburan. Dengan harga tiket Rp 5.000, keindahan alam Kalimantan Timur sayang untuk dilewatkan.

7. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin adalah sebuah danau wisata yang terletak di Kecamatan Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Disebut sebagai Danau Labuan Cermin karena danau ini memiliki air yang sangat jernih.

Sangat jernih meskipun ada objek yang berdiri di permukaan danau, bayangan objek akan terlihat jelas dari permukaan air danau. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang memanfaatkan keunikan alam ini sebagai objek foto.

Ada juga banyak spot foto yang bisa digunakan, seperti berdiri di atas perahu atau sambil menyelam. Wisata alam ini sangat cocok bagi pecinta fotografi dan penyuka wisata air.

Danau Labuan Cermin memiliki nama lain. Masyarakat setempat menyebutnya Danau Dua Rasa karena air danau Labuan Cermin terdiri dari air asin dan air tawar.

Rekomendasi

Bagikan: