7 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang Wajib Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang Wajib Dikunjungi

Sulawesi Barat memiliki banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata pantai, wisata budaya hingga wisata kuliner yang semuanya memiliki daya tarik dan keunikannya masing-masing.

Seiring dengan perkembangan tahun, tempat wisata di Sulawesi Barat semakin menarik dan populer di kalangan wisatawan. Nah, buat kamu yang berencana jalan-jalan ke provinsi penghasil kakao ini, kamu perlu melihat-lihat tempat wisata ini.

1. Pantai Manakarra

Pantai Manakrra terletak di Kota Mamuju. Tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi pengunjung setiap harinya. Pantai ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan melepas penat sambil menikmati pemandangan pantai.

Pada siang dan malam hari, sebagian besar pengunjung adalah remaja yang berkumpul dengan teman-temannya. Ada banyak pedagang kaki lima dan warung yang bisa membantu pengunjung jika membutuhkan sesuatu selama berada di pantai.

2. Pulau Karampuang

Dengan luas 6 km2, Pulau Karampuang menyimpan kekayaan biota laut yang sangat indah. Ada dermaga kayu yang dibangun dari pantai ke arah laut yang panjangnya 500 meter. Di pulau ini terdapat sumur Tiga rasa yang lebih populer dengan nama sumur jodoh.

Di sini, Anda juga bisa menemukan Goa (Gua) Lidah, meskipun mulut goanya mall namun area di dalam goa ini sangat besar dengan dinding yang kokoh. Pecinta snorkeling wajib mengunjungi tempat ini untuk menikmati pemandangan bawah lautnya yang menawan.

3. Air Terjun Tamasapi

Air Terjun Tamasapi memiliki ketinggian 75 meter yang airnya mengalir dari Sungai Tamasapi. Untuk mencapai objek wisata ini, kita harus berjalan kaki sejauh 1 km. Namun jarak tersebut tidak menyurutkan semangat kita, justru kita akan menikmati kondisi jalan setapak selangkah demi selangkah menuju air terjun yang sangat sejuk dan asri.

Saat musim durian, Anda bisa membeli buah ini dari warga sekitar dengan harga yang lebih murah, menikmati durian sambil bersantai dan melihat keindahan air terjun akan lebih menyenangkan. Arus air terjun ini cukup deras namun jika anda masih bisa bermain air di sekitar area air terjun.

4. Partai Pattudu

Pesta Pattudu bukanlah sebuah atraksi wisata melainkan sebuah kegiatan atau acara yang diselenggarakan untuk anak-anak yang telah selesai membaca Al-Qur’an. Acara yang juga disebut dengan Sayang Pattudu atau kuda menari ini diadakan setahun sekali pada bulan maulid.

Setiap daerah akan memiliki acara sendiri dengan jumlah peserta yang berbeda dan waktu yang berbeda. Anda patut menonton acara ini karena kita akan melihat sebuah keunikan dimana anak-anak yang telah selesai membaca Al-Qur’an akan diarak dengan menunggang kuda.

5. Air Terjun Indo Rannuang

Air terjun ini terletak sekitar 8 km dari Kota Polewali. Pemandangan air terjun ini menjadi lebih indah dan alami dengan adanya Sungai Limbong Sitodo yang mengalir di bawahnya.

Di sekitar air terjun dan sungai terdapat bebatuan dan pepohonan yang lebat, sehingga suasana tempat ini asri dengan udara yang segar dan sejuk. Air yang mengalir sangat jernih dan bersih.

Anda bisa berenang atau mandi di sekitar air terjun atau sungai. Tempat ini menjadi salah satu daya tarik wisata utama bagi pemerintah setempat karena pesona alamnya yang menakjubkan.

6. Pantai Lombang-Lombang

Pantai yang terletak 30 km dari Kota Mamuju ini memiliki keindahan pantai dan laut yang sangat indah. Hamparan pasir hitam yang halus melintasi pantai ini akan memanjakan kaki Anda saat berjalan di pinggir pantai. Berenang akan lebih aman karena air surutnya.

Anda juga bisa melakukan snorkeling atau bermain olahraga air. Beberapa fasilitas dan alat yang dibutuhkan tersedia di sana, kita hanya bisa menyewanya dengan harga terjangkau. Selama akhir pekan, pengelola pantai sering mengadakan pertunjukan musik dan seni gratis.

7. Pantai Palippis

Pantai Palippis memiliki pesona yang luar biasa. Tidak hanya pantainya yang menarik tetapi juga suasana alam yang sangat indah karena pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yang hijau.

Pantai ini juga memiliki bebatuan dengan ketinggian 30-80 meter, sangat cocok sebagai spot panjat tebing. Ada juga gua yang terletak di atas bukit dekat pantai, yang menjadi nilai plus dari pantai ini. Pantai berpasir putih ini terletak sekitar 2 km dari Polewali.

Itulah 7 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang Menakjubkan. Tentu masih banyak tempat wisata lainnya jika kita ingin menjelajahi lebih banyak tempat di provinsi ini. Sulawesi memang memiliki keindahan alam yang indah, namun jika kita tetap ingin menikmati keindahannya, jangan lupa untuk menjaganya dari tangan-tangan rakus manusia. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Rekomendasi

Bagikan: