7 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Siapa yang tidak mengenal Jogja? Kota yang terletak di Jawa Tengah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat liburan. Jogja atau Yogyakarta merupakan tujuan wisata utama bagi warga negara Indonesia kedua setelah Bali.

Seperti namanya: Daerah Istimewa Yogyakarta, kota ini menjadi sangat istimewa karena merupakan salah satu kota di Indonesia yang masih memiliki keluarga kerajaan. Keluarga kerajaan Yogyakarta diperintah oleh seorang Sultan yang sampai saat ini masih sangat dihormati dan dihormati oleh penduduk asli Yogyakarta.

Keistimewaan lain dari kota ini adalah berbagai candi peninggalan yang tersebar di wilayahnya. Candi-candi di Yogyakarta bahkan masuk dalam salah satu situs warisan dunia.

Selain candi, Wisata Surabaya juga memiliki destinasi wisata lainnya, baik wisata budaya, wisata belanja, maupun kuliner. Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjelajahi Jogja, satu atau dua hari tidak akan cukup.

1. Candi Borobudur Jogja

Candi Borobudur sudah terkenal di seluruh dunia. Kuil ini masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Kuil ini merupakan Kuil Buddha terbesar dan terlengkap di dunia.

Dilihat dari atas, struktur Candi Borobudur menyerupai bunga teratai yang akan sangat canggih jika dilihat saat matahari terbit atau terbenam.

Terletak sekitar 40 km barat laut Yogyakarta, candi yang memiliki 72 stupa ini selalu menjadi tujuan utama para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

2. Candi Prambanan Jogja

Candi terkenal lainnya adalah Candi Prambanan. Terletak sekitar 17 km dari pusat kota Yogyakarta, Candi Prambanan adalah Candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini memiliki relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana.

Pertunjukan Rama-Shinta juga dilakukan di kuil ini. Pada hari-hari biasa, pertunjukan ini dilakukan di dalam ruang teater, selama pertunjukan hampir selalu dilakukan di ruang terbuka saat bulan purnama dengan latar belakang Candi Prambanan memberikan pemandangan yang indah.

Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, maka tidak akan sulit untuk mencapai tempat ini. Transportasi umum juga tersedia menuju tempat ini bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi. Tempat ini tidak kalah menariknya dengan tempat wisata baru yang terus bermunculan di Jogja.

3. Pantai Indrayanti Jogja

Pantai Indrayanti merupakan salah satu destinasi pantai di Jogja yang cukup populer saat ini. Dengan pemandangan pasir putih yang bersih khas pantai selatan, pemandangan yang indah, dan fasilitas yang lengkap, pantai ini menjadi tujuan para wisatawan.

Selain itu, lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai populer lainnya, seperti Pantai Krakal, Pantai Sundak, atau Pantai Pok Tunggal. Jadi, Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata yang jaraknya tidak begitu jauh dalam satu waktu.

4. Pantai Nglambor Jogja

Pantai untuk snorkling yang asyik juga tersedia di Yogya, khususnya di Pantai Nglambor. Tidak seperti pantai lainnya, di sini tersedia laguna dengan air yang tenang. Selain itu, terdapat berbagai spot unik dan menyenangkan untuk berfoto. Anda juga bisa menyeberangi pulau kecil dengan menggunakan jembatan tali sambil menguji nyali! Destinasi wisata Jogja ini wajib kamu kunjungi.

5. Pantai Pok Tunggal Jogja

Pantai lain yang bisa Anda kunjungi di Jogja adalah Pantai Pok Tunggal. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang ada di Yogyakarta. Fasilitasnya memang tidak selengkap tempat lain Anda akan menemukan pemandangan yang layak untuk dinikmati.

6. Jalan Malioboro Jogja

Jalan paling populer di Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Anda akan menemukan pedagang kaki lima dan toko-toko kecil di sepanjang jalan ini yang menjual berbagai produk dari pakaian, kerajinan tangan, dan makanan. Salah satu keunikan Malioboro adalah para pedagang kaki lima. Penjual makanan ini akan buka setelah jam 5 sore.

Jalan Malioboro akan ramai pada malam hari karena beberapa pengamen akan menghibur pengunjung dengan lagu-lagu mereka. Selain itu, pada malam hari, Anda dapat melihat beberapa orang mengenakan berbagai jenis adat yang memungkinkan Anda untuk berfoto dengan mereka tanpa dibayar.

Jalan Malioboro akan selalu menarik untuk dikunjungi. Suasana jalan ini memang unik, bagi Anda yang mencari wisata malam di Yogyakarta, bisa jalan-jalan santai di jalan ini. Jalan Malioboro bisa dikatakan sebagai salah satu spot fotografi yang wajib dikunjungi di Jogja. Liburan tidak akan terasa lengkap jika tidak berfoto di jalan ini.

7. Pasar Beringharjo Jogja

Pasar Beringharjo terletak di Jalan Malioboro. Destinasi Wisata Kediri ini selama ini dikenal sebagai tempat para wisatawan membeli oleh-oleh dengan harga murah.

Berbagai produk tersedia di pasar ini, mulai dari batik, makanan tradisional, uang kuno, bahan dasar jamu tradisional (jamu), dan barang antik. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Pasar Beringharjo sebagai salah satu tempat legendaris di Yogyakarta.

Rekomendasi

Bagikan: