8 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Meksiko

8 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Meksiko

1. Chichen Itza

Terletak di Semenanjung Yucatan, Chichen Itza adalah yang paling terkenal, paling banyak dikunjungi, dan paling mengesankan dari banyak situs Maya di negara itu. Ini agak ironis karena strukturnya yang paling terkenal tidak memiliki arsitektur khas Maya Klasik tetapi menunjukkan pengaruh kuat dari peradaban lain dari Meksiko Tengah. Sementara terik matahari dan keramaian yang padat dapat membuat beberapa orang menjauh, bukan tanpa alasan reruntuhan arkeologi yang menakjubkan ini dipilih sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Baru.

Dibangun antara abad kesembilan dan kedua belas, kota yang dulunya besar ini mencakup area yang sangat luas, dan banyak dari bangunan, kuil, dan istananya masih dalam kondisi sangat baik. Ini menampilkan beragam gaya arsitektur yang berbeda dan menawarkan wawasan yang menarik tentang peradaban Maya.

Sorotan yang tidak diragukan lagi adalah Piramida Kukulcan – atau El Castillo – yang merupakan landmark situs yang paling terkenal. Teras batu kuil yang besar mendominasi Chichen Itza dan dibangun dengan cerdik untuk memberikan ilusi ular merayap di sisi piramida. Banyak turis mengunjungi Chichen Itza sebagai perjalanan sehari, terutama dari Cancn atau Merida tetapi juga memungkinkan untuk menginap satu atau dua malam di sini.

2. Tulum

Reruntuhan Tulum adalah kota Maya bertembok yang bertengger di tebing berbatu yang menghadap ke Karibia di Semenanjung Yucatán, Meksiko. Situs ini berskala sederhana dan dibangun selama periode pasca Klasik ketika budaya Maya sedang menurun dan karena itu tidak memiliki keanggunan dari beberapa reruntuhan Maya terkenal lainnya. Namun latar belakang pantai tropis menjadikan tempat ini unik yang tidak boleh dilewatkan.

Bangunan paling mengesankan di Tulum adalah El Castillo (kastil) setinggi 25 kaki (7,5 meter) yang terletak di atas tebing. Itu pernah ditutupi dengan plesteran dan dicat. Sebuah kuil kecil tampaknya telah digunakan sebagai suar untuk kano yang masuk. Di pantai di bawah, tempat kano mendarat, wisatawan menggabungkan kunjungan ke reruntuhan Maya dengan berenang di Karibia.

Penting untuk diketahui bahwa sebenarnya ada tiga area berbeda yang semuanya disebut sebagai Tulum, terletak dekat satu sama lain, tetapi tidak cukup dekat untuk berjalan ke dan dari.

Pusat kota, kadang-kadang disebut sebagai Tulum Pueblo, terletak di seberang jalan raya di selatan persimpangan Coba. Ada bus yang sering ke Cancun, Merida, Playa del Carmen dan Valladolid dari pusat kota. Tulum Playa atau Zona Hotelera membentang lebih dari 10 km dari pantai berpasir putih sepanjang garis pantai Karibia sementara Tulum Ruinas adalah situs arkeologi tempat reruntuhan Tulum Maya berdiri.

3. Teotihuacan

Terletak hanya 50 kilometer ke timur laut Mexico City, Teotihuacan adalah rumah bagi beberapa piramida terbesar dan paling menakjubkan di Bumi. Sementara asal-usul dan identitas pendirinya diselimuti misteri, kota ini kemudian menjadi salah satu kota paling mengesankan dan berpengaruh di Amerika.

Pada puncaknya di paruh pertama milenium pertama, kota metropolitan yang luas ini memiliki bangunan yang tak terhitung jumlahnya, serta kuil dan istana besar, alun-alun dan stadion. Meskipun sudah ditinggalkan pada zaman Aztec, mereka menamai kota yang hancur itu ‘Teotihuacan’ – atau ‘tempat kelahiran para dewa’ – karena mereka percaya bahwa di sinilah alam semesta diciptakan.

Sementara bintangnya memudar sejak lama, kekuatan Mesoamerika kuno masih dipamerkan di situs arkeologi yang luas dan menakjubkan. Mural dan bangunan yang terpelihara dengan baik dapat ditemukan di sepanjang Avenue of the Dead yang terkenal. Piramida Matahari dan Piramida Bulan yang sangat besar adalah dua atraksi yang menonjol.

4. Puerto Vallarta

Terletak di Teluk Banderas di sepanjang Pantai Pasifik Meksiko di negara bagian Jalisco adalah kota liburan populer Puerto Vallarta. Lanskap pantai yang indah dan pegunungan hutan yang rimbun menyelimuti kota landmark kolonial yang indah ini, resor kelas satu, restoran gourmet, dan lusinan klub malam.

Daya tarik utama kota, pantai pasir keemasan, menawarkan relaksasi dan olahraga air seperti berlayar, selancar layang, dan memancing di laut dalam. Karena Puerto Vallarta adalah tujuan menyelam yang populer, ada banyak toko selam yang terletak di seluruh pantai. Pari manta raksasa dan lumba-lumba dapat dilihat di sini sementara paus bungkuk dapat dilihat antara bulan Desember dan Maret.

Berjajar dengan toko-toko, restoran dan bar, jalan kayu yang indah, Malecon, adalah tempat yang bagus untuk berbelanja, makan, bersosialisasi, menonton artis jalanan dan melihat laut.

Di luar kota, wisatawan dapat mengunjungi perkebunan mangga dan pepaya atau mengunjungi desa-desa nelayan yang tenang dan teluk-teluk kecil terpencil. Perbukitan dan pegunungan yang rimbun menawarkan jalur hiking dan menunggang kuda selain petualangan kanopi dan ziplining.

5. Mexico City

Ibukota Meksiko, Mexico City adalah salah satu kota terbesar di dunia yang terdiri dari banyak kelompok etnis dari seluruh dunia. Tidak hanya kota yang luas ini sebagai pusat politik dan budaya terpenting di Meksiko, tetapi juga salah satu pusat keuangan terpenting di Amerika Latin. Selain itu, Mexico City membanggakan salah satu universitas tertua dan terbesar di Amerika Utara.

Meskipun tidak ada pantai di Mexico City, wisatawan akan menemukan banyak hal menarik untuk dilihat dan dilakukan. Pusat Sejarah penuh dengan landmark terkenal seperti Plaza de la Constitucion, Katedral Metropolitan, Istana Nasional dan reruntuhan kuil Aztec kuno. Dengan ratusan museum, galeri seni, dan pusat seni pertunjukan, Mexico City adalah salah satu kota seni dan budaya terkemuka di dunia. Selain taman umum seperti Taman Chapultepec yang mengesankan, kota ini juga menawarkan Taman Terapung Xochimilco yang wajib dikunjungi.

Transportasi umum Mexico City termasuk sistem metro terbesar di Amerika Latin. Untuk alasan keamanan, hindari memanggil taksi di jalan. Sebaliknya, minta hotel untuk memanggil taksi. Cara yang baik untuk melihat atraksi utama kota adalah dengan naik Turibus, bus wisata naik turun.

6. Oaxaca

Ibu kota negara bagian dengan nama yang sama, Oaxaca terletak di sebuah lembah di bawah pegunungan Sierra Madre. Arsitektur kolonial, situs arkeologi, iklim yang menyenangkan dan suasana yang tenang menjadikannya tujuan wisata populer di Meksiko Selatan.

Di jantung Oaxaco adalah alun-alun kota yang menawan, Zocalo, di mana wisatawan dapat mengagumi landmark kolonial yang indah seperti gereja Santo Domingo, museum wisata, berbelanja suvenir, dan bersantai di kafe luar ruangan.

Beberapa situs arkeologi di sekitar kota dapat dijelajahi seperti Monte Alban. Bertengger di gunung, Monte Alban adalah situs ibu kota kuno penduduk Zapotec. Kunjungan ke sini menyajikan pemandangan lembah yang mengesankan. Situs Mitla menarik karena dinding pola geometrisnya.

Oaxaca juga dikenal dengan hidangan makanannya yang unik seperti tahi lalat, yang terdiri dari saus yang dibuat dengan cokelat dan cabai. Minuman favorit kota, Mezcal dan cokelat panas, mudah ditemukan di setiap restoran dan bar.

Kerajinan tangan tradisional Oaxacan diakui di seluruh dunia, dan pasar kota adalah tempat yang baik untuk membeli barang-barang populer seperti permadani wol Zapotec, ukiran kayu, dan tembikar hitam.

Salah satu festival Hari Orang Mati terbaik di Meksiko berlangsung di Oaxaca serta Guelaguetza, sebuah festival yang memamerkan tarian tradisional budaya asli setempat.

7. Cancun

Sebuah tujuan wisata terkenal di dunia di pantai Karibia di Semenanjung Yucatan Meksiko, Cancun menyajikan paket liburan lengkap pantai yang menakjubkan, zona hotel kelas satu, reruntuhan Maya, atraksi modern dan kehidupan malam yang semarak. Cuaca Cancun yang sempurna sepanjang tahun dan pantai yang indah adalah magnet wisata utama pulau ini.

Dengan pasir putih halus sepanjang empat belas mil yang berbatasan dengan perairan pirus, pantai ini menawarkan berbagai macam olahraga air dan penduduk setempat yang menjual suvenir. Area pusat kota, yang dikenal sebagai El Centro, berpadu dengan nada Meksiko yang lebih otentik dengan arsitektur bersejarah, restoran, pasar, bar, dan klub. Ada beberapa situs arkeologi Maya kecil di Cancun. Sementara beberapa tetap tertutup hutan, yang lain adalah tempat wisata populer seperti El Meco dan El Ray, dengan yang terakhir ditemukan di dalam zona hotel.

Wisatawan akan menemukan berbagai kegiatan rekreasi di sekitar Cancun seperti jeep safari, snorkeling, dan scuba diving. Pembeli dapat menelusuri mal La Isla, dan penggemar olahraga dapat menonton sepak bola di stadion pusat kota atau bermain golf di antara banyak lapangan golf di pulau itu. Cancun dikenal dengan kehidupan malamnya yang semarak, dan wisatawan tidak akan kekurangan pilihan mulai dari bar dan klub malam hingga ruang dansa dan kapal pesiar makan malam.

8. Guanajuato

Guanajuato, ibu kota negara bagian dengan nama yang sama, tidak kekurangan pesona. Jalur berbatu, kafe trotoar dan beberapa arsitektur barok paling menakjubkan di Amerika Utara memberikan cita rasa Eropa dan termasuk di antara kartu gambar Guanajuato. Kota ini juga memiliki jaringan terowongan bawah tanah yang berfungsi sebagai jalan yang membuat tempat ini benar-benar unik di dunia.

Didirikan pada tahun 1559, Guanajuato dengan cepat menjadi terkenal karena tambang emas dan peraknya. Beberapa tambang dapat dikunjungi hari ini; ini termasuk La Valencia, salah satu tambang perak terkaya di dunia. Di sebelah tambang adalah Gereja San Cayetano, yang dihiasi dengan perak dan emas secara mewah. Kota ini adalah tempat yang baik untuk menikmati musik tradisional mariachi.

Rekomendasi

Bagikan: