10 Makanan Unik yang Wajib Anda Cicipi jika Berada di Indonesia

10 Makanan Unik yang Wajib Anda Cicipi jika Berada di Indonesia

Beberapa makanan paling aneh di Indonesia ini adalah lauk pauk yang menemani makanan yang disajikan setiap hari di restoran lokal di seluruh pulau. Yang lain mungkin agak langka dan sulit ditemukan, tetapi yang mungkin Anda temukan saat bepergian ke daerah pedesaan. Sebagian besar makanan aneh dan aneh ini adalah favorit lokal.

Bahkan pengunjung yang suka berpetualang mungkin menemukan beberapa selera yang tidak biasa sesuai dengan keinginan mereka. Ada salad buah yang diidam-idamkan penduduk setempat tetapi mungkin Anda merasa canggung karena disajikan dengan cabai dan kaldu ikan. Ada bahan yang beracun tetapi menambahkan aroma yang enak pada semur saat dimasak! Buat kamu yang suka game, ini dia makanan ekstrem dan unik di Indonesia:

1. Lawar

Lawar, makanan khas tradisional yang ada di mana-mana, sangat populer di Bali. Di makanan khas Indonesia ini, Anda akan menemukan banyak sekali darah babi segar yang dicampur dengan daging cincang, kelapa parut, dan bumbu Bali di atas makanannya. Ada beberapa jenis Lawar yang bisa Anda pilih seperti Lawar Babi yang terbuat dari daging babi, Lawar Nangka yang terbuat dari nangka muda, dan masih banyak lagi. Itu sering dimakan dengan nasi kukus dan babi panggang.

2. Kakul

Kakul adalah siput yang banyak ditemukan di persawahan Bali dan merupakan sumber protein yang berharga bagi masyarakat agraris di pulau itu. Jenis yang disukai adalah yang lebih gelap hingga hitam, karena memiliki tekstur yang lebih enak dan menyenangkan dibandingkan dengan jenis kuning. Keong-keong dikumpulkan dari lumpur, cangkangnya dibuka, lalu dicuci. Mereka kemudian direbus sebelum dimasak menjadi sup, salad, atau disiapkan di tusuk sate untuk dipanggang sebagai sate, bersama dengan campuran rempah-rempah Bali dan menjadi salah satu pengalaman bersantap yang aneh di Indonesia.

3. Paniki

Bagaimana menurut Anda jika superhero Batman Anda menjadi hidangan utama yang siap makan? Percaya atau tidak, orang-orang di Indonesia mengubah kelelawar liar menjadi makanan enak yang disebut Paniki. Itu sering dimasak dengan santan, cabai, dan beberapa bumbu kuat untuk menghilangkan bau tajam mamalia. Yang digoreng dan ditusuk juga menjadi favorit penduduk setempat. Pengalaman bersantap yang tidak biasa di Indonesia ini baik untuk menyembuhkan alergi dan asma.

4. Lindung

Lindung atau belut air tawar mudah ditemukan di persawahan di Bali dan merupakan sumber protein yang populer di kalangan masyarakat pedesaan Bali. Menangkap belut menggunakan tali dan kail adalah hobi favorit anak-anak Bali di pedesaan, dan mereka membawa pulang tangkapan segar mereka untuk disiapkan dan dimasak oleh ibu mereka, bersama dengan campuran aromatik bawang putih dan lengkuas. Belut juga biasanya dikeringkan sebelum digoreng dengan adonan menjadi camilan yang renyah.

5. Belalang Goreng

Belalang Goreng berarti “belalang goreng”, yang sangat cocok untuk pecinta makanan ringan serangga. Makanan aneh di Indonesia ini banyak ditemukan dan dijual oleh pedagang kaki lima di Gunung Kidul, Yogyakarta. Kaki dan sayap hewan dikeluarkan sebelum proses memasak. Penduduk setempat biasanya mengasinkan belalang dengan bawang putih, garam, daun jeruk, dan ketumbar kemudian menggorengnya hingga garing.

6. Loloh

Orang Bali membuat minuman herbal dari berbagai jenis daun dan buah-buahan, seperti jamu dari pulau tetangga Jawa. Seringkali, masakan teraneh di Indonesia ini diambil untuk menjaga kesehatan secara umum, dan bahan-bahannya dikenal dengan manfaat medisnya. Beberapa yang paling umum digunakan adalah buah tibah atau mengkudu, kembang sepatu, don kayumanis, atau daun pohon gooseberry bintang, dengan bumbu dan rempah-rempah lainnya seperti garam, bawang merah panggang, jahe, dan kunyit secukupnya.

7. Ulat sagu

Jangan lupa jajan ulat sagu saat jalan-jalan ke Indonesia Timur seperti Maluku atau Papua. Hidangan makanan aneh di Indonesia ini sebenarnya terbuat dari ulat sagu. Penduduk setempat biasanya berburu makhluk di pohon sagu atau kelapa dan memakannya mentah-mentah. Cobalah yang dipanggang atau direbus jika Anda tidak suka menelannya hidup-hidup. Untuk menikmati gurih dan juicynya sambal pedas serangga adalah teman yang baik.

8. Tikus panggang

Makanan aneh lainnya dari Indonesia adalah Tikus panggang. Hewan gemuk yang dibakar terdengar sangat aneh, namun layak untuk dicicipi. Anda akan menemukan makanan ekstrim ini lezat dan lembut – makhluk lucu itu rasanya seperti ayam. Jangan terganggu saat menggigitnya! Orang Indonesia menggunakan hewan pengerat kayu, yang lebih higienis dari yang biasa, jenis yang kotor.

9. Sate

Kadal monitor! Apakah kamu serius? Ya, beberapa penduduk setempat suka mengunyah sate biawak, sate biawak yang enak. Dagingnya ditusuk dan dibakar sampai empuk. Kemudian, smokey yang lezat dan salah satu makanan khas Indonesia yang disiram saus kacang pedas. Reptil dipercaya baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti ruam kulit dan asma.

10. Keripik ceker

Keripik ceker mungkin terdengar menarik, tapi tunggu dulu. Apakah Anda tahu arti kata-kata itu? Keripik ceker secara harfiah berarti keripik kaki ayam. Jajanan renyah ini bisa dengan mudah ditemui di pulau Bali dan Jawa. Sebelum digoreng hingga garing, cakar unggas dibumbui dengan garam, merica, dan beberapa bumbu (bawang putih, ketumbar, dan daun jeruk). Makan makanan aneh di Indonesia ini dengan nasi panas dan sambal pedas.

Sejauh ini kita telah membahas tentang makanan aneh di Indonesia yang berisi informasi yang tepat mengenai semua makanan aneh yang terkenal di Indonesia. Saya harap Anda mungkin senang membaca artikel ini dan jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang Indonesia, silakan kunjungi artikel kami yang lain yang akan membantu Anda mendapatkan pengetahuan tentangnya.

Rekomendasi

Bagikan: