6 Makanan Khas Makassar Populer yang Wajib Dicoba

6 Makanan Khas Makassar Populer yang Wajib Dicoba

Kota Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, terkenal dengan kekayaan budaya dan kuliner yang khas. Makanan khas Makassar telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang datang ke kota ini.

Dari hidangan laut yang lezat hingga olahan daging yang beragam, Makassar menawarkan berbagai pilihan kuliner yang menggugah selera. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Kuliner Khas Makassar yang populer dan wajib dicoba bagi para penggemar kuliner.

1. Coto Makassar

Coto Makassar adalah hidangan khas yang terkenal dari Makassar. Ini adalah sup daging sapi yang dimasak dengan bumbu kacang yang kaya dan rempah-rempah. Hidangan ini disajikan dengan ketupat atau nasi dan ditambahkan dengan perkedel atau emping sebagai pelengkapnya.

Coto Makassar memiliki rasa yang kaya dan gurih, serta tekstur daging sapi yang lembut, menjadikannya salah satu makanan favorit di Makassar.

2. Konro Bakar

Konro Bakar adalah hidangan daging sapi iga bakar yang menjadi favorit di Makassar. Daging sapi iga dimasak dengan bumbu rempah khas Makassar dan kemudian dipanggang hingga matang dan beraroma harum.

Hidangan ini disajikan dengan kuah khas Makassar yang pedas dan gurih, serta dilengkapi dengan nasi putih atau ketupat. Konro Bakar memiliki cita rasa yang unik dan lezat, membuatnya menjadi hidangan yang wajib dicoba bagi para penggemar daging bakar.

3. Pallubasa

Pallubasa adalah hidangan berkuah yang terbuat dari daging sapi atau daging kerbau yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Makassar. Kuahnya yang kental dan gurih dihasilkan dari santan yang dipadukan dengan bumbu rempah seperti serai, jahe, dan daun bawang.

Pallubasa biasanya disajikan dengan ketupat atau nasi dan ditambahkan dengan bawang goreng dan irisan jeruk nipis untuk memberikan rasa segar. Hidangan ini memiliki cita rasa yang lezat dan memanjakan lidah, menjadi salah satu makanan khas Makassar yang paling populer.

4. Sop Saudara

Sop Saudara adalah hidangan sop daging sapi yang merupakan favorit di Makassar. Daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya, seperti cengkeh, kayu manis, dan ketumbar, menciptakan kuah yang harum dan gurih.

Sop ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan ditambahkan dengan daun bawang dan seledri sebagai hiasannya. Sop Saudara memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera, membuatnya menjadi pilihan makan siang yang populer di Makassar.

5. Pisang Epe

Pisang Epe adalah camilan khas Makassar yang terbuat dari pisang yang dipipihkan dan dipanggang atau dipanggang hingga matang. Pisang yang sudah matang ini kemudian dilapisi dengan saus gula merah yang kental dan diberi taburan parutan kelapa sebagai pelengkapnya.

Pisang Epe memiliki tekstur yang lembut dan manis yang sangat nikmat, membuatnya menjadi camilan yang populer di Makassar, terutama di musim panas.

6. Pallu Butung

Pallu Butung adalah hidangan khas Makassar yang terdiri dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kacang dan santan, kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang hingga matang. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan lezat, dengan perpaduan antara rasa gurih dari santan dan bumbu rempah yang khas.

Pallu Butung biasanya disajikan sebagai hidangan utama dalam acara-acara khusus atau perayaan di Makassar.

Kesimpulan

Kuliner Makassar menawarkan berbagai hidangan yang lezat dan menggugah selera, dengan cita rasa yang khas dan bahan-bahan alami yang berkualitas. Dari sup daging sapi yang kaya rempah hingga camilan manis dari pisang, Makanan Khas Jakarta memiliki sesuatu untuk semua orang.

Jika Anda berkunjung ke Makassar, pastikan untuk mencoba beberapa hidangan khas yang telah disebutkan di atas untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Rekomendasi

Bagikan:

Tags